Contoh desain taman vertikal untuk lahan sempit

Contoh Taman Rumah Ukuran Kecil

Taman merupakan sebuah bagian penting dari sebuah rumah karena temmpat inilah yang dapat menjadi ruang hijau tempat terproduksinya oksigen sehingga udara di rumah dan sekitarnya bisa terjaga kesejukan dan kesegarannya. Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan, peran taman dalam sebuah rumah juga berfungsi untuk membuat tampilan rumah menjadi lebih enak di mata karena taman bisa mempercantik tampilannya. Sekarang pun sudah banyak rumah yang mulai memperhatikan pentingnya memiliki taman sebagai ruang hijau sehingga hampir di setiap rumah, utamanya di komplek perumahan yang terletak di pusat kota, semuanya memiliki taman agar udara di sekitar rumah bisa tetap segar dan terjaga. Selain itu, tidak jarang para calon penghuni baru ingin rumah yang akan mereka bangun nantinya memiliki taman, terutama penghuni yang memiliki hobi berkebun dan bercocok tanam. Jelas selain dua fungsi di atas tadi, taman juga bisa menjadi tempat menyalurkan hobi.

Namun ada saja kendala yang menghambat semua keinginan tersebut dapat terealisasi. Salah satu hambatannya yakni karena keterbatasan lahan, khususnya pada rumah minimalis tipe-tipe kecil seperti type 36 atau 45.

Namun untuk mengaplikasikan contoh taman rumah yang bagus, akan ada saja kendala yang menghambat semua keinginan tersebut agar dapat terealisasi. Salah satu hambatannya yakni karena keterbatasan lahan, khususnya pada rumah minimalis tipe-tipe kecil seperti type 36 atau 45. Apabila keluarga anda memiliki anggota lebih dari 3 orang, jelas rumah tipe tersebut sangat sempit untuk ditinggali yang pada akhirnya mengakibatkan bagian-bagian sekunder rumah, seperti contoh yaitu taman selalu dikepinggirkan perannya. Namun saat ini semua itu bukanlah sebuah masalah besar karena sudah ada solusi dari semua permasalahan itu. Jika hunian anda berukuran kecil namun anda tetap ingin memiliki sebuah taman, maka anda cukup mengaplikasikan desain taman vertikal saja. Taman vertikal adalah salah satu model taman dimana taman bisa ditempatkan di tempat berlahan kecil. Lahan yang dibutuhkan oleh taman ini tidak banyak sehingga tidak memakan luas rumah anda. Mengapa bisa begitu? Karena taman ini biasa ditempelkan di dinding atau juga dibiarkan tumbuh pada kayu yang sudah dirancang khusus menempel di dinding.

Contoh desain taman vertikal juga sudah bisa anda lihat pada ulasan kali ini jika anda masih penasaran dengan rupa atau bentuknya.
Contoh desain taman vertikal juga sudah bisa anda lihat pada ulasan kali ini jika anda masih penasaran dengan rupa atau bentuknya. Dengan memakai desain taman seperti ini, maka tidak akan ada lahan rumah anda yang dipakai untuk membangun taman karena lahan tersebut tentu anda butuhkan untuk keperluan lain, dibangun menjadi carport, misalnya. Dengan adanya taman vertikal ini, jelas banyak fungsi yang anda petik, diantaranya:
Dapat menghemat lahan sehingga dapat digunakan untuk keperluan lain karena taman vertikal ini hanya butuh dinding untuk penempatannya.
Dapat mempercantik tampilan rumah karena rumah tetap akan terlihat hijau dan asri berkat taman ini. Desain taman vertikal yang tepat justru akan semakin membuat hunian anda nampak lebih mewah dan elegan.
Dapat menyalurkan hobi berkebun anda karena fungsi dasar dari taman vertikal ini sama dengan taman biasa dimana kita bisa menanam tanaman hidup dan merawatnya.
Karena fungsi dasarnya sama dengan taman biasa, maka kita bisa menanam bibit aneka buah dan sayur, merawatnya hingga pada saat waktu panen tiba, kita dapat menikmati hasil dari tanaman dari taman vertikal di rumah kita sendiri.
Itulah tadi beberapa manfaat dan contoh desain taman vertikal yang bisa anda jadikan referensi untuk membuat taman di rumah anda.

Itulah tadi beberapa manfaat dan contoh desain taman vertikal yang bisa anda jadikan referensi untuk membuat taman di rumah anda. Semoga ulasan kali ini bermanfaat banyak buat anda, selamat mencoba, semoga anda berhasil membangun taman vertikal anda sendiri.
Contoh desain taman vertikal untuk lahan sempit | Tri Sunenti | 5