Yang Harus Diperhatikan Dalam Membuat Rumah Sendiri

Tips Membuat Rumah Sendiri, Bagaimana Cara Kerja Tukang Anda?


Disini saya akan memberikan sedikit informasi mengenai apa saja yang harus diperhatikan saat Anda memutuskan membuat rumah sendiri, dalam artian tidak membeli rumah siap huni, bukan mengerjakan semuanya pekerjaan sendirian. Oke! tanpa banyak basa-basi, kita mulai dengan bahasa yang santai, karena mungkin pembahasan ini akan cukup panjang, dan semoga Anda tidak bosan membacanya sampai di kalimat terakhir.

Bagi Anda mungkin ada beberapa yang memilih membangun rumah sendiri ketimbang membeli, karena sudah mempunyai tanah atau menginginkan desain yang berbeda atau juga karena ingin menghemat biaya keuangan. Tapi terkadang mereka tidak mengetahui hal-hal apa saja yang harus di perhatikan saat proses pembuatan rumah tersebut sedang di kerjakan. Jadi tidak heran bila pemilik rumah mengunjungi proyek hanya sekedar ingin mengetahui, "sudah sampai mana pengerjaan rumah itu berlangsung".

Dengan apa yang saya ketahui diatas, maka pemilik rumah tidak bisa menghemat biaya membuat rumah dan kualitas bagunan.
Dengan apa yang saya ketahui diatas, maka pemilik rumah tidak bisa menghemat biaya membuat rumah dan kualitas bagunan. Bagi orang yang awam dengan bangunan dan mungkin juga termasuk material atau bahan bagunan akan berpotensi mengeluarkan biaya lebih untuk perbaikan di masa mendatang, jadi tidak ada salahnya bila anda mengetahui Rencana dan Persiapan Sebelum Membuat Rumah. Sambil membahas judul diatas mari kita ketahui alasanya:

Pondasi Rumah

Pondasi adalah hal yang paling penting dalam sebuah bagunan rumah. Karena ini adalah kekuatan dasar suatu bagunan. Maka saat proses membuat rumah, pastikan kedalaman dan lebar pondasi bisa menahan bagunan diatasnya. Dalam Proses penggalian pastikan sudah cukup dalam atau sudah sampai pada lapisan tahan yang keras.

Selanjutnya adalah kualitas bahan yang digunakan, besi, batu dan campuran semen. Bahan bahan ini akan berpengaruh pada kekuatan pondasi saat ada goncangan atau karena usia dan kondisi tahan.

Dalam proses pembuatan pondasi ini sebaiknya Anda memastikan bahwa semua ukuran sesuai dan siku (sudut 90 derajat). Pondasi ini adalah bentuk utama rumah Anda, jadi bila ada salah maka akan menyulitkan proses kerja selanjutnya, dan yang lebih parah ukuran bentuk tidak akan sesuai dengan yang sudah Anda rancang.

Cakar Ayam

Dibawah pondasi sebenarnya masih ada; cakar ayam. Tapi ini kebanyakan untuk pembuatan rumah bertingkat. Apa yang harus diperhatikan, kurang lebih sama dengan pembuatan pondasi.

Paku Bumi

Ini biasanya ada saat pembuatan gedung-gedung besar atau bagunan bukan milik person.

Batu Bata

Sebelum proses pemasangan batu bata sebenarnya masih ada lagi (slup, yang berupa cor-coran) tapi tidak ada yang perlu di perhatikan selain lebar. Dan sebaiknya lebar maksimal adalah sama dengan ukuran batu-bata, agar di tahap selanjutnya tidak banyak pekerjaan sia-sia yang menghabiskan waktu, tentunya juga biaya untuk membayar tukang.

Cara memasang batu bata ini sebenarnya gampang-gampang susah, karena setiap orang saya yakin bisa mengerjakan. Tapi! bila tukang batu tidak terampil akan mengakibatkan banyak kerja saat dilakukan plaster dinding. Pemasangan batu bata yang tidak rapi akan berpengaruh pada ketabalan dan kerapian plaster. Jika plaster tebal maka akan boros bahan baku dan proses pengerjaan lebih sulit, Akibatnya Anda tidak bisa menghemat biaya membuat rumah sendiri.

Cara pasang Gawang Pintu

Sebelum pintu dipasang, pastikan semua sudut sudah siku dan pastikan klem (biar tetap siku) kuat. Sebaiknya gawang pintu juga lurus dengan pemasangan batu bata. Tinggi pintu dan jendela sama, pastikan juga tinggi lantai agar pemasangan daun pintu sesuai.

Plaster Dinding

Bagus dan tidaknya sebuah plasteran adalah tergantung keterampilan tukang bangunan tersebut, tapi tingkat kesulitan ada pada kerapian susunan batu bata. Sering kali bila si-tukang tidak lihai alias tidak cukup berkemampuan, di bagian sudut akan bergelombang. Gelombang pada sudut suatu kamar membuat tidak nyaman untuk dilihat. Jadi selain bagian tengah harus rata pastikan juga sudut juga lurus.

Atap

Saat Anda mengunjungi proyek pembuatan rumah, lalu mengetahui ada bagian yang berpotensi bocor, jagan ragu untuk minta di ganti atau diperbaiki. Karena ini adalah hal paling mudah untuk di ketahui.

Plamir

Pengerjaan plamir ini adalah bertujuan agar dinding menjadi lebih halus dan licin, terlebih sesudah dilakukan proses pegecatan. Jadi pastikan cara pengerjaan plamir harus halus dan tidak ada kotoran, karena nanti akan mengurangi kecantikan warna cat tembok. Dan pastikan plamir di kerjaan bila plasteran sudah benar-benar kering.

Cara Mengecat Dinding Tembok

Cara mengecat dinding rumah yang baik adalah setelah di amplas (amplas halus)lalu bersih dari debu dan bila dinding sudah kering, minimali 1x24 setelah plamir. Pemilihan warna cat sesuai selera, tapi saya menyarankan kombinasi warna terang agar terkesan nyaman dan tenang.

Keramik Lantai Rumah

Cara memasang keramik harus rata, dan jika sudut ruangan 90 derajat maka sangat mudah mencari ukuran, keramik lantai rumah juga akan lebih terlihat rapi. Untuk bagian nat (jarak antara keramik) tipis, biar terkesan rapi.

Membuat Kamar Mandi

Lantai kamar mandi harus lebih rendah, hal ini bertujuan agar air tidak keluar, terlebih bila membuat kamar mandi di dalam kamar tidur. Dan yang terpenting untuk kloset sebaiknya menghadap ke utara atau selatan (tidak membelakangi/menghadap kiblat). Bila membuat bak mandi sendiri pastikan tidak akan ada kebocoran.

Ruang Dapur

Untuk rumah ukuran kecil sangat di sarankan, letak dapur dan kamar mandi (tempat mencuci) berdekatan. Selanjutnya untuk membuat kesan rapi maka bisa mengunakan dinding pembatas.

Tips Agar Rumah Yang Anda Buat Bagus, rapi dan cantik secara fisik Jangan takut untuk menegur pekerja bila hasil kerjanya tidak sesuai dan berpotensi merugikan Anda. Bila Anda mengetahui apa saja yang harus diperhatikan dalam membuat rumah sendiri, maka secara tidak langsung Anda juga menghemat rab membuat rumah. Karena banyak pekerjaan yang bisa dilakukan satu kali kerja tanpa ada perbaikan yang berat, selain itu pekerjaan selanjutnya juga lebih mudah dan bisa maksimal.

Tapi sebalinknya, jika cara membuat rumah hanya asal-asalan, di kemudian hari mungkin anda akan mengeluarkan biaya besar untuk sebuah renovasi. Sedang pekerjaan renivasi rumah adalah satu pekerjaan yang menghabiskan banyak waktu dan sulit mendapat hasil maksimal ketimbang harus membuat dari awal.

Nah... Artikel diatas adalah Tips singkat tapi panjang, cara membuat rumah sendiri. Semoga bermanfaat, dan lain kali mungkin perlu kita ulas lebih rinci lagi /halaman untuk tiap poin. Salam rumah minimanisty...






Selamat berkunjung di Blog yang sederhana ini. Tapi semoga isinya tidak se-sederhana itu dan bermanfaat, karena Godean.web.id ada untuk Anda yang membutuhkan informasi dan ispirasi Rumah Idaman. Jika ada kritik dan saran jangan ragu untuk menghubungi kami melalui Halaman Kontak.

Back To Top