6 Jenis Lantai Rumah Yang Bagus Menyejukan

Lantai rumah yang bagus adalah bagian dari tata ruang yang dapat mewujudkan tampilan dan suasana tertentu untuk sebuah ruangan. Mengingat fungsi serta pentingnya hal tersebut, selain pemilihan warna yang bagus, berikut ini saya akan berbagi informasi mengenai 6 jenis lantai rumah yang dapat menciptakan suasana sejuk untuk sebuah ruang, diantaranya: Keramik, Marmer, Granit, Teraso, Kayu dan Tegel. Kesan bersih dan mewah dapat di buat melalui pemilihan bahan yang di gunakan.

informasi mengenai 6 jenis lantai rumah yang dapat menciptakan suasana sejuk untuk sebuah ruang, diantaranya: Keramik, Marmer, Granit, Teraso, Kayu dan Tegel. Kesan bersih dan mewah dapat di buat melalui pemilihan bahan yang di gunakan.
Untuk kita yang tinggal di daerah tropis, maka suasana menyejukan di ruang ataupun kamar tertentu pastinya akan menjadi idaman tersendiri ketika berada didalamnya. Sebelum memilih warna lantai rumah yang bagus, sebaiknya ketahui dan tentukan terlebih dahulu bahan material untuk membantu Anda menciptakan kesejukan sebuah ruang.

6 Lantai Rumah Yang Bagus, Cantik, Baik dan Sehat

6 Lantai Rumah Yang Bagus, Cantik, Baik dan Sehat

Lantai Keramik

Pada umumnya keramik memiliki dua lapisan, yakni lapisan keramik itu sendiri serta lapisan glasur yang membentuk tekstur serta warna lantai pada keramik. Lantai keramik adalah pilihan favorit masyarakat di Indonesia, atau mungkin karena paling umum dan mudah pencariannya. Keramik mempunyai fleksibilitas tinggi dan dapat Anda Aplikasikan pada hampir semua bagian dari rumah. Selain tidak perlu pemolesan, sangat mudah dalam perawatan agar tetap bersih. Contoh ukuran keramik lantai rumah 40 X 40, 20 x 20, 60 x 60 etc.

Bahan pembuatan lantai keramik untuk rumah minimalis adalah tanah liat yang melalui proses dipanaskan. Bahan yang digunakan mempunyai kerumitan elektron-elektron bebas. Dengan kurangnya elektron bebas pada sebuah keramik menjadi konduktor yang buruk. Atau istilah lainya bahan keramik tidak bisa meneruskan panas yang ia terima. Jadi sangat cocok untuk menjadikan ruangan yang sejuk.

Lantai Marmer

Lantai rumah marmer ini sangat banyak disukai karena lebih memiliki karakter yang khas seerta mampu menampilkan desain rumah minimalis yang lebih berkelas. Marmer ini adalah jenis batu kristalin kasar yang terbuat dari gamping atau dolomit. Bahan marmer ini akan memberi kesan kuat serta dingin. Namun lantai keramik vs marmer, batu marmer ini adalah lebih mudah menyerap cairan karena pori-pori yang relatif terbilang besar. Sehingga lebih membutuhkan cara mengkilapkan lantai marmer yang kusam agar tidak mudah bernoda. Batu marmer memiliki corak warna yang lebih indah.

Lantai Granit

Jika batu marmer mudah menyerap cairan, beda dengan batu granit, ia mempunyai daya serap yang lebih kecil, yakni hanya kurang dari 0,05%, sehingga tidak begitu memerlukan cara mengepel lantai granit yang benar. Karena lantai granit yang bagus lebih memiliki pori-pori yang lebih rapat, maka sangat kecil untuk dimasuki kororan dari wujud cairan. Sifat dari Granit ini adalah dingin dan juga kokoh, sehingga sangat cocok untuk memberikan kesejukan pada ruangan Anda. Harga granit ini bisa di bilang lebih murah dan juga telah tersedia banyak pilihan untuk saat ini.

Lantai Tegel

Tegel merupakan jenis lantai dari campuran pasir serta semen yang di percantik motif dan pewarnaan. Kelebihan lantai tegel ini adalah lebih dingin bila di banding dengan lantai keramik, bila Anda menyukai lantai yang sejuk untuk menciptakan kesejukan di ruangan. Jenis lantai tegel ini lebih sering di gunakan di desa-desa atau bagunan yang sudah berumur. Jadi sangat cocok untuk menciptakan kesan tradisional, klasik dan antik untuk sebuah rumah minimalis unik modern.

Tapi lantai tegel ini lebih kasar bila masih baru, mungkin juga akan kurang nyaman saat kita menginjaknya. Untuk itu Anda perlu cara untuk menghaluskan atau mengkilapkanya. Cara alami yang bisa Anda lakukan untuk mengkilapkan lantai tegel, yakni: bersihkan lantai kemudian dipel mengunakan ampas kelapa. Kemudian setelah 1 jam, gunakan solar dan ratakan, setelah di rasa kering kemudian bersihkan mengunakan lap kering. 2 cara tersebut lakukan 2 minggu 1 kali sampai lantai tegel Anda halus dan mengkilap.

Lantai Teraso

Jenis lantai ini kurang lebih sama dengan tegel, yang pembuatan lantai teraso dari campuran semen dan pasir, tapi di bagian atas dilapisi dengan pecahan batu untuk menghiasinya. Lantai teraso memiliki corak warna serta tekstur sama dengan bahan material yang digunakan. Umumnya warna serta corak teraso adalah putih sesuai dengan pecahan marmer yang digunakan dalam pembuatanya.

Teraso memiliki kelebihan dan karakteristik lantai teraso tersendiri, yakni tahan gores, memiliki corak dan warna yang menarik dan lebih tahan lama. Tapi kekurangan lantai teraso rumah adalah cara pemasangan yang rumit dan memerlukan pemolesan untuk mengkilapkannya.

Lantai Kayu

Lantai Kayu rumah minimais ini akan memberi kesan modern bila Anda aplikasikan pada sebuah ruangan. Lantai rumah kayu akan memberi kesan alami, natural, unik serta klasik. Meski mungkin ada kesan hangat pada lantai kayu, bukan berarti bisa menimbulkan panas. Kelebihan mengunakan bahan dari kayu ini adalah efek isolasi, yakni: saat udara dingin maka lantai kayu tetap hangat dan sebaliknya saat suhu udara panas lantai rumah kayu ini akan dingin.

Lantai kayu biasanya terdiri dari 2 bentuk. Untuk yang pertama adlah papan kayu panjang yang tersambung satu sama lainya, cara memasang mengunakan skrup. Yang kedua adalah sebuah lempengan kayu tipis persegi yang cara pemasangannya mengunakan perekat atau Lem Khusus. Untuk lain kali akan kita khusu membahas mengenai lantai kayu lamina, lantai kayu ulin, lantai kayu untuk kamar tidur, lantai kayu untuk tangga, lantai kayu untuk kamar, lantai kayu unik, lantai kayu untuk kamar mandi, lantai kayu untuk rumah, lantai kayu untuk teras, lantai kayu untuk outdoor, lantai kayu untuk dapur. Untuk waktu ini, sekian dan semoga bermanfaat sebelum menentukan warna yang paling bagus, baik dan cantik.


6 Jenis Lantai Rumah Yang Bagus Menyejukan | Tri Sunenti | 5