Tips, Cara Mengatasi Atap Yang Bocor

Sering kali saat hujan deras datang secara tiba-tiba membuat kita kalang kabut, belum sempat masuk rumah karena mengangkat jemuran, tapi air hujan sudah duluan sampai di dalam rumah. Terlebih bila musim penghujan baru saja di mulai, mungkin sebelumnya tidak pernah di temukan atap rumah bocor, dan sekarang mendadak menjadi penggangu yang seharusnya bisa tidur dengan nyenyak.

Hal itu karena atap rumah kerapkali alami kebocoran hingga disamping bikin ribet bahkan juga bikin isi rumah jadi berantakan.
Hal itu karena atap rumah kerapkali alami kebocoran hingga disamping bikin ribet bahkan juga bikin isi rumah jadi berantakan. Sayangnya lagi, beberapa kelompok orang-orang masih tetap saja memakai langkah konvensional seperti memakai karpet, adukan semen, ataupun seng. Walau sebenarnya, langkah konvensional seperti itu mempunyai banyak kekurangan. Diluar itu, nilai estetikanya juga sangatlah minim.

Berikut ini adalah alasan kenapa kebocoran atap rumah Anda bisa terjadi :

  1. Posisi genteng yg tidak cocok/berantakan
  2. Ada sisi genteng/asbes yang pecah
  3. Adukan dibawah nok ada yang pecah atau retak
  4. Kontruksi atap yang melengkung/tak kuat menahan beban atap
  5. Talang seng yang berkarat/bolong
  6. Talang dak beton yang retak

Perawatan lain untuk dikerjakan dalam menangani persoalan atap rumah yang bocor yaitu dengan mencari serta temukan segera sumber kebocoran yang menjadi biang keladi ini. Hal semacam ini tentu mesti dikerjakan dengan cermat.

Yang pasti, untuk melakukan perbaikan atap rumah yang bocor, baiknya ajukan pertanyaan pada orang yang memanglah ahli mengatasinya.

Tersebut kami berikanlah Panduan sekitar menangani kebocoran rumah :


  • Atur letak genteng sampai posisi presisi serta lurus
  • Selekasnya ubah genteng yang pecah dengan genteng yang sama
  • Tambal sisi retak pada adukan bawah nok serta aquaproof agar tak bocor
  • Untuk kontruksi atap yang lapuk sebaiknya ubah dengan kontruksi atap baja ringan
  • Talang seng kita ubah dengan type zink alum yang lebih tahan karat
  • Talang dak kita tambal serta kita water proofing

Sejatinya, terdapat beberapa langkah untuk meraibkan kebocoran atap rumah. Salah satu langkah yang paling tepat yaitu dengan memakai susunan anti bocor.

Tidak kalah utama, sekali lagi, yaitu masalah pemakaian susunan anti bocor yang dinyatakan oleh beberapa produsennya dapat menangani masalah pada atap rumah.

Lantas, bicara masalah susunan anti bocor, type apa yang baiknya mesti dipakai? Hal semacam ini sangatlah utama, soalnya setiap type kebocoran membutuhkan jalan keluar serta perlakuan yang tidak sama.

Nah, apabila Anda bingung dalam pilih type susunan anti bocor yang sesuai sama kepentingan, baiknya tanyakan kembali pada pihak konsultan yang memanglah tahu masalah permasalahan kebocoran itu.

Dalam membenarkan genteng yang bocor kita dapat memanggil orang yang pakar di bagian genteng bocor maupun kita lakukan sendiri. Genteng yang bocor mesti selekasnya diperbaiki untuk kenyamanan semua yang tinggal didalam rumah.

Tips, cara mengatasi genteng atau atap yang bocor :


1. Memberi Susunan Anti Bocor

Untuk permasalahan genteng retak sedikit atau berlubang kecil kita bisa memberi susunan anti bocor pada genteng itu. Langkah memakainya serupa seperti mengecat tembok, dimana kita tinggal mengolesi genteng yang punya masalah dengan cairan pelapis anti bocor. Sesudah cairan susunan anti air itu kering, kita tinggal lihat apakah ketika hujan masih tetap bocor atau tak. Bila masih tetap bocor mungkin saja anda dapat coba langkah yang lain.

2. Ganti Atau Melakukan perbaikan Genteng

Jika sesudah di teliti nyatanya ada atap genteng bermasalah, biasanya retak atau malah pecah. Maka sebaiknya segera lakukan pergantian genteng pecah tadi, serta lakukan pengaturan lagi untuk genteng-genteng yang beralih posisi tak harusnya. Ubahlah genteng dengan genteng yang sejenis agar nanti tak belang-belang dengan genteng yang telah ada.

3. Memberi Susunan Karpet Anti Air

Pada permasalahan atap bocor yg tidak di ketahui sebab-musababnya jadi kita dapat mengadakan karpet spesial yang dapat dipakai untuk susunan atap rumah. Gunakan karpet rumah untuk mengatasi masalah genteng bocor hingga air tidak bisa menembus sela-sela genteng lagi.


4. Perbaiki Talang Air serta Pipa Pembuangan

Bukanlah hal yg tidak mungkin saja pemicu bocor yaitu talang air yang tidak berhasil menggerakkan fungsinya. Mungkin bocor dikarenakan oleh talang air yang kotor atau juga sudah berusia dan rusak, bisa juga karena cara memasang yang salah hingga tak dapat menyimpan debet air yang besar waktu hujan deras menempa. Mungkin saja juga dikarenakan oleh pipa pembuangan yang kurang besar hingga mengakibatkan terjadinya penumpukan air di talang air.

5. Rombak Lagi Atap

Desain rumah yg tidak pas dapat mengakibatkan terjadinya atap bocor. Beragam aspek pemicu seperti kemiringan atap yg tidak pas, bentuk atap yg tidak seimbang, kurangnya saluran pembuangan air, serta lain sebagainya bisa bikin atap jadi bocor saat turun hujan. Harus rumah yang salah desain mulai sejak awal mesti diperbaiki atau disempurnakan agar tak bocor lagi.

Selamat berkunjung di Blog yang sederhana ini. Tapi semoga isinya tidak se-sederhana itu dan bermanfaat, karena Godean.web.id ada untuk Anda yang membutuhkan informasi dan ispirasi Rumah Idaman. Jika ada kritik dan saran jangan ragu untuk menghubungi kami melalui Halaman Kontak.

Back To Top