Tips Memasang Wallpaper Tanpa Ribet

Memasang wallpaper merupakan salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk memperindah tampilan dinding rumah anda. Selain itu, dengan adanya wallpaper membuat suasana di dalam rumah menjadi lebih ceria, lebih hangat dan tentunya lebih berkesan. Kebanyakan orang lebih memilih untuk menyewa orang untuk memasang wallpaper pada dinding rumah yang harganya tidaklah murah. Padahal, anda juga bisa memasang wallpaper sendiri di rumah.
Padahal, anda juga bisa memasang wallpaper sendiri di rumah.

Sayangnya, masih banyak orang yang belum mengetahui cara yang benar untuk memasang wallpaper dinding. Selain itu, mereka juga beranggapan jika memasang wallpaper sendiri sangat menyulitkan. Eitss… jangan salah, memasang wallpaper itu mudah kok dan nggak ribet, mau tahu caranya? Simak ulasannya berikut ini :

Cara Memasang Wallpaper Dinding

Menyiapkan Peralatan

Hal pertama sebelum kita mulai memasang wallpaper tentunya harus disiapkan peralatan yang dibutuhkan terlebih dahulu yaitu tangga, cutter, pensil, penggaris, lem wallpaper, bak yang nantinya untuk adukan lem, kuas lem, roller, amplas, kape, alas plastik, dan tentunya wallpaper itu sendiri.

Membuat Lem

Tahap pertama yang bisa anda lakukan adalah memasang lemnya terlebih dahulu. Masukkan lem ke dalam bak yang sudah disiapkan, kemudian campurkan dengan air. Buatlah lem dalam 2 bak yang terpisah yang nantinya digunakan untuk seluruh bagian dan juga untuk sambungannya. Untuk lem sambungan teksturnya lebih kental ketimbang lem untuk seluruh bagian wallpapernya.

Tahap Pengukuran

Tahap selanjutnya yaitu mengukur luas dinding yang nantinya akan dipasang wallpaper. Ukurlah dengan teliti, pada umumnya bagian wallpaper dilebihkan 1.500 cm yang nantinya akan digunakan untuk menempel bagian sambungannya.

Memotong Wallpaper

Memang terkesan mudah dalam memotong wallpaper, namun jika anda tidak berhati-hati malah akan merusak bagian wallpaper. Lihatlah petunjuk pemotongan yang ada di dalam kertas wallpaper supaya nantinya motif antar panel di wallpaper bisa terpasang dengan tepat dan serasi.

Menentukan Posisi Pemasangan

Supaya wallpaper yang anda pasang nantinya lebih lurus, maka anda bisa menentukan posisi dengan pemasangan dengan menandai terlebih dahulu menggunakan pensil. Selain itu, anda juga bisa menggunakan alat pemberat berupa benang yang telah dipasang pemberat sehingga nantinya akan sangat membantu pemasangan wallpaper agar lebih lurus dan rapih.

Melapisi Lem

Lapisi seluruh bagian wallpaper menggunakan lem yang telah dibuat dalam bak yang terpisah. Untuk seluruh bagian wallpaper gunakan lem yang tidak terlalu kental, lapisi seluruh bagian wallpaper menggunaka roller. Lakukan secara bertahap supaya lem tidak berserakan.

Penempelan Wallpaper

Setelah lem terpasang, maka anda bisa menempel wallpaper pada dinding. Perhatikan tanda yang tadi telah anda buat menggunakan pensil dan juga perhatikan benang pemberatnya.

Menempel Bagian Sambungan

Untuk bagian sambungan, gunakan lem yang lebih kental kemudian oleskan menggunakan kuas yang khusus sehingga lem lebih merekat nantinya. Kemudian ratakan seluruh bagian wallpaper menggunakan penggaris aklirik dan pastikan tidak ada bagian wallpaper yang timbul.

Tips memasang wallpaper tanpa ribet diatas bisa dilakukan oleh siapa saja. Lakukan cara diatas sesuai dengan tahapannya supaya wallpaper bisa menempel dengan rapih dan sempurna.

Selamat berkunjung di Blog yang sederhana ini. Tapi semoga isinya tidak se-sederhana itu dan bermanfaat, karena Godean.web.id ada untuk Anda yang membutuhkan informasi dan ispirasi Rumah Idaman. Jika ada kritik dan saran jangan ragu untuk menghubungi kami melalui Halaman Kontak.

Back To Top