Tips Mengatur Tata Letak Rumah Minimalis Yang Baik

Dalam membahas suatu desain rumah untuk tipe minimalis tentunya tata letak rumah menjadi sorotan, karena dengan tata letak yang baik maka bagian interior rumah akan terlihat lebih indah, menarik, dan juga nyaman. Untuk mengatur tata letak memang dibutuhkan perencanaan terlebih dahulu supaya hasil yang didapatkan nantinya bisa sesuai dengan harapan anda. Bukan itu saja, desain yang bagus juga sangat diperlukan agar penempatan ruangan di dalam rumah bisa sesuai dengan ukuran lahan yang dimiliki.

Kita semua sudah tahu jika rumah minimalis memiliki lahan yang tidak cukup luas, sehingga diperlukan tata letak dan penempatan ruangan yang baik agar bagian dalam rumah tidak terasa sempit
Kita semua sudah tahu jika rumah minimalis memiliki lahan yang tidak cukup luas, sehingga diperlukan tata letak dan penempatan ruangan yang baik agar bagian dalam rumah tidak terasa sempit. Maka dari itu, kali ini saya akan memberikan beberapa tips mengatur tata letak ruangan untuk rumah minimalis, silakan anda simak ulasannya berikut ini :

Tips Mengatur Tata Letak Rumah Minimalis

Menciptakan Jalur di Dalam Ruangan

Tata letak rumah yang baik tentunya memiliki space atau jarak untuk jalur yang bisa dilewati oleh penghuni rumah. Sebagai patokan ukuran, anda bisa mengukur lebar jalur sesuai dengan ukuran orang, sehingga nantinya penghuni akan merasa nyaman berjalan di dalam rumah melewati jalur ruangan yang telah dibuat. Selain itu, jangan sampai ada barang ataupun furniture yang mengganggu jalur tersebut.

Untuk beberapa furniture yang harus dibuka dan ditutup seperti lemari dan laci meja maka sediakan tempat dengan ukuran jalur yang lebih luas dibandingkan jalur lainnya. Cara ini juga bermanfaat supaya tampilan interior rumah tidak terlalu sempit.

Penempatan Furniture

Ukuran furniture tentunya juga berpengaruh terhadap tata letak suatu rumah. Untuk rumah yang minimalis, sebaiknya menggunakan furniture yang berukuran sedang atau minimalis dan juga tidak terlalu lebar. Untuk ruangan yang paling banyak didominasi oleh furniture adalah ruang tamu, kamar tidur dan ruang makan. Jangan sampai di dalam rumah anda terlalu banyak furniture yang sebenarnya tidak dibutuhkan sehingga dapat menyebabkan suasana di dalam rumah terasa sumpek. Dengan ukuran furniture yang sesuai dengan ukuran rumah maka interior rumah akan terlihat lebih proporsional.

Pemasangan Jendela

Jendela memiliki peran supaya sinar matahari bisa masuk ke dalam rumah. Selain itu, dengan adanya jendela maka suasana di dalam rumah terasa lebih luas dan juga lebih lega. Pilihlah jendela yang berukuran agak besar sehingga cahaya matahari yang masuk bisa lebih banyak. Selain itu, jendela juga dapat memaksimalkan cahaya di dalam rumah anda.

Penempatan Ruangan

Tahap yang paling penting adalah penempatan untuk fungsi setiap ruangan. Di dalam rumah minimalis ada 4 ruangan yaitu ruang tamu, ruang tengah, ruang kamar tidur, dan ruang kamar mandi. Untuk kamar mandi sudah pasti harus di tempatkan di sudut ruangan atau terpisah dengan ruangan lainnya, namun harus diberikan pencahayaan yang maksimal. Sedangkan untuk ruang tamu dan ruang tengah bisa anda berikan jarak menggunakan furniture seperti rak, meja panjang, ataupun sofa sehingga view di dalam rumah masih terasa lebih luas.

Tips mengatur tata letak rumah minimalis diatas bisa anda terapkan sendiri untuk interior rumah anda. Namun, perhatikan juga luas lahan rumah anda supaya pengaturan tata letak rumah bisa sesuai dengan keinginan anda.
Tips Mengatur Tata Letak Rumah Minimalis Yang Baik | Tri Sunenti | 5