Tips Renovasi Rumah Type 36 Jadi 2 lantai

Cara Buat Rumah 2 lantai


Rumah model type 36 minimalis sebenarnya sudah cukup bagi keluarga sederhana, selain harga terjangkau juga tidak mengeluarkan banyak biaya untuk merawat rumah dan membayar tagihan setiap bulannya. Namun, tetap saja rumah type 36 akan terasa sempit jika anggota keluarga nya bertambah, karena rumah type 36 ini dikhususkan hanya untuk 4 anggota keluarga, Mungkin saja Anda akan menambah anak ketiga atau orang tua Anda ingin tinggal dirumah Anda tentu saja rumah type 36 tersebut harus direnovasi menjadi rumah model type 36 dua lantai.

Rumah model type 36 menjadi 2 lantai tentu saja bisa, namun untuk merenovasinya Anda harus berkorban dengan bertempat tinggal di rumah lain dahulu, karena perombakan nya akan membongkar atap setiap ruangan. Yang terpenting adalah rumah type 36 Anda akan menjadi lebih luas nantinya.
Rumah model type 36 menjadi 2 lantai tentu saja bisa, namun untuk merenovasinya Anda harus berkorban dengan bertempat tinggal di rumah lain dahulu, karena perombakan nya akan membongkar atap setiap ruangan. Yang terpenting adalah rumah type 36 Anda akan menjadi lebih luas nantinya.

Tips Renovasi Rumah Type 36

Ada bebera cara merenovasi rumah model type 36 menjadi 2 lantai, agar renovasinya berjalan lancar dan tidak ada hambatannya. Sebelum merenovasi sebaiknya kita harus tahu dulu apa tujuand dan fungsinya untuk merenovasi rumah? Jika tujuannya untuk menambah ruangan kamar untuk penginapan juga tidak masalah, atau tujuannya untuk menambah ruang kantor juga tak masalah, tetapi jika memang tidak ada tujuannya sebaiknya Anda tahan dulu untuk merenovasi. Selain itu harus tahu apa fungsi lantai 2 setelah dibangun, apakah bisa dijadikan ruang santai keluarga, atau ruang khusus untuk keluarga sederhana Anda tentu itu juga penting.

Tentukan Waktu yang Tepat

Menentukan waktu yang tepat untuk merenovasi rumah Anda adalah hal yang wajib Anda lakukan, mengapa? Menentukan jauh-jauh hari untuk merenovasi rumah type 36 menjadi 2 lantai akan membantu Anda menyiapkan segala hal, seperti menabung untuk membangunnya, mengumpulkan bahan-bahan yang diperlukan dan sebagainya. Jadi tentukan waktu yang pas, mungkin saja Anda membangun rumah tepat di musim penghujan, tentunya hal ini mengganggu aktifitas renovasi nantinya.

Buatlah denah rumah 2 lantai type 36

Anda harus memiliki perencanaan dalam hal merenovasi rumah Anda seperti apa nantinya, apa saja ruangan yang ddiperlukan. Oleh sebab itu, membuat denah rumah 2 lantai type 36 sangat dianjurkan. Dengan denha tersebut Anda bisa memilah ruangan apa yang pas pada lantai 2, Anda juga bisa mengukur ukuran yang diperlukan. Setelah denah Anda dibuat sebaiknya konsultasikan lagi pada arsitek, apakah sudah sesuai atau belum.

Mencari Beberapa Referensi Bangunan Lantai 2 type 36

Jika memang Anda kesulitan untuk membuat denah sebaiknya cari referensi denah khusus type 36 lantai 2, hal ini untuk memberikan gambaran dan ide untuk menjadikan lantai 2 rumah Anda menjadi modern dan istimewa. Carilah referensi tersebut di internet, atau bahkan Anda bisa meminta brosur di kantor tempat penjualan rumah dan sebagainya.

Biaya Renovasi dan Bahan Bangunan

Perlu Anda ketahui bahwasanya merenovasi rumah memerlukan biaya yang lebih besar daripada membangun rumah, juga bahan bangunan yang diperlukan pun juga lebih banyak dari bahan bangunan saat awal membangun rumah. Biaya renovasi harus Anda konsultasikan ke ahlinya, biasanya memperhitungkan ukuran bangunan serta tinggi bangunan harus seimbang.

Demikianlah beberapa cara merenovasi rumah model type 36 menjadi 2 lantai, dengan menjadikan rumah Anda menjadi 2 lantai maka Anda tidak perlu khawatir lagi kekurangan ruangan, karena selain bisa dijadikan tempat khusus juga bisa dijadikan sebagai tempat cadangan.
Tips Renovasi Rumah Type 36 Jadi 2 lantai | Tri Sunenti | 5