Tips Merancang Konstruksi Kolam Renang Minimalis

Kolam Renang Minimalis Untuk Rumah Idaman

Merupakan sebuah impian sekaligus hal yang menyenangkan apabila kita memiliki rumah dilengkapi dengan fasilitas kolam renang. Tentunya kita dan keluarga tidak perlu repot mengeluarkan biaya untuk membeli tiket di kolam renang umum. Membuat kolam renang minimalis merupakan alternatif terbaik apabila kita tidak memiliki budget dana yang cukup untuk membuat kolam renang ukuran besar. Yang terpenting kebutuhan kita terhadap sarana olahraga sekaligus tempat rekreasi pribadi dapat terealisasi, meskipun mungkin lebih menyenangkan jika kita pergi ke kolam renang umum. Dalam hal ini kita harus melihat dari sisi yang berbeda, dimana kolam renang pribadi meskipun bergaya minimalis namun sangat menguntungkan dari segi waktu serta efisiensi keuangan.

Ada persyaratan khusus yang harus kita penuhi berkaitan dengan perancangan kolam renang pribadi, yaitu space area yang cukup serta anggaran yang memadai
Ada persyaratan khusus yang harus kita penuhi berkaitan dengan perancangan kolam renang pribadi, yaitu space area yang cukup serta anggaran yang memadai. Dalam hal ini anggaran tidak hanya dibutuhkan sebagai biaya proses pembuatan saja, tapi juga dibutuhkan untuk biaya perawatan kolam tiap bulannya. Aspek pendanaan ini penting mengingat kolam renang merupakan fasilitas rumah yang identik dengan kemewahan meskipun hanya sebatas kolam renang kecil atau minimalis.

Hal tersebut diperkuat dengan opini yang berkembang di masyarakat bahwa kolam renang merupakan properti mahal yang tidak semua orang bisa memilikinya.

Tahap Desain Kolam Renang Minimalis

Tahap Desain Kolam Renang Minimalis
Terbatasnya lahan yang kita miliki adalah kendala utama yang kadang membuat kita harus berpikir ulang untuk membuat kolam renang indoor. Untuk itu membuat kolam renang di bawah standar atau berukuran kecil dengan konsep kolam renang minimalis merupakan solusi paling ideal untuk mewujudkan kolam renang pribadi yang kita inginkan.

Secara teknis, hal penting yang wajib diperhatikan dan kita sediakan untuk mendesain kolam renang mini adalah sebagai berikut:

1. Ketersediaan lahan

Pertama yang harus kita pikirkan untuk membuat kolam renang adalah ketersediaan lahan dimana nantinya kolam renang tersebut kita tempatkan. Ketersediaan lahan ini mengacu pada kebutuhan kolam renang sendiri apakah akan menggunakan konsep outdoor (diluar ruangan) atau menggunakan konsep indoor (dalam ruangan).

2. Sistem filtrasi

Struktur kolam renang yang biasanya disediakan oleh kontraktor atau arsitek kolam renang, umumnya memiliki 2 perbedaan yang mendasar terutama dari bagian struktur konstruksi serta sistem filtrasinya, dan ini yang harus kita pelajari.Sistem pertama yang digunakan untuk kolam renang adalah sistem konvensional dengan menerapkan metode underground piping atau pemipaan. Sistem ini merupakan metode pembuatan kolam renang dengan cara menanam pipa-pipa pada struktur konstruksi kolam renang bagian bawah. Pipa-pipa ini berfungsi untuk mengalirkan air ke tangki filter, untuk kemudian mengalirkannya kembali ke kolam setelah melalui tahap filterisasi.Sistem yang kedua adalah sistem integrated pool and filter atau kolam renang yang terintegrasi.

Sistem pembuatan kolam renang model ini tidak perlu penanaman pipa pad konstruksi kolam bagian bawah. Untuk filterisasi atau penyaringan air, menggunakan sistem filtrasi yang menyatu dengan struktur kolam utama atau monolithic structure. Untuk opsi kedua ini merupakan sistem yang lebih menguntungkan terutama bagi kita yang ingin membuat kolam renang di lahan yang tidak begitu luas, sebab pompa serta filter kolam umumnya terletak ditepi atau didalam kolam.

3. Material untuk konstruksi

Material yang nantinya kita gunakan untuk konstruksi kolam renang juga perlu kita pertimbangkan secara matang. Dalam hal ini kita harus memperhitungkan kemungkinan-kemungkinan terburuk misalnya jika kolam dibangun di tanah yang mudah retak atau di daerah rawan gempa. Namun untuk wilayah dengan kondisi tanah yang stabil, kita bisa menggunakan material konvensional dengan metode pengecoran pada struktur kolam secara keseluruhan. Jadi disini intinya kondisi tanah dan kondisi daerah sangat mempengaruhi pemilihan material yang nanti kita gunakan untuk membuat konstruksi kolam renang.

4. Tipe-tipe filter

Untuk komplimen kolam renang, filter berfungsi sebagai media sirkulasi air (filterisasi) yang telah dikontaminasikan dengan bahan-bahan kimia (chemical) untuk menjaga kebersihan dan kejernihan air. Terdapat beberapa jenis filter yang bisa kita pilih namun tentu saja harus disesuaikan dengan konsep pembuatan kolam renang sebelumnya. Perlu kita kita ketahui filter untuk kolam renang minimalis yang kita pilih sangat berhubungan dengan desain atau struktur konstruksi kolam renang itu sendiri baik dari jenis dan modelnya.

Demikianlah tadi sedikit ulasan mengenai Merancang Konstruksi Kolam Renang Minimalis, semoga bermanfaat khususnya buat anda berencana punya kolam renang yang privat untuk keluarga tercinta.
Tips Merancang Konstruksi Kolam Renang Minimalis | Tri Sunenti | 5