Mengenal 4 Syarat Rumah Berkualitas Yang Ideal

Bagi pemula cara mengenal syarat rumah berkualitas yang ideal secara teknis dan matematis mungkin bukan merupakan hal terpenting. Tapi dengan memahami secara umum hal tersebut, setidaknya kita bisa terhindar untuk membeli rumah yang mungkin berpotensi mengalami kebocoran, lembab, kusen lapuk, dinding retak, dsb.

Tapi dengan memahami secara umum hal tersebut, setidaknya kita bisa terhindar untuk membeli rumah yang mungkin berpotensi mengalami kebocoran, lembab, kusen lapuk, dinding retak, dsb.


Jadi memang wajib untuk pembeli mengetahui apa saja yang harus diperhatikan. Terlebih, bagunan rumah yang berkualitas harus mencakup pedoman dan peraturan seperti yang telah ditetapkan pemerintah, yang diantaranya: Peraturan Pembebeasan Indonesia untuk Rumah dan Gedung, Peraturan Bangunan Nasional, Standar Arsitektur di Bidang perumahan dan Perencanaan Bangunan Tahan Gempa.


Skema Bangunan

Fondasi, rangka bangunan serta atap adalah struktur pendukung utama konstruksi bangunan rumah maupun gedung. Dan dari 3 pendukung utama itu jaga masih harus memiliki empat syarat seperti di bawah ini:

Kuat

Syarat yang pertama dan harus terpenuhi pada struktur pendukung utama bangunan haruslah kuat. Selain untuk melindungi dari bahaya keruntuhan konstruksi yang kuat pastinya juga untuk memberi rasa aman, tentram bagi yang tinggal di dalamnya.
Syarat yang pertama dan harus terpenuhi pada struktur pendukung utama bangunan haruslah kuat. Selain untuk melindungi dari bahaya keruntuhan konstruksi yang kuat pastinya juga untuk memberi rasa aman, tentram bagi yang tinggal di dalamnya.

Melalui perencanaan struktur yang benar, teliti dan hitung-hitungan mekanika serta angka keamanan yang cukup maka akan memperoleh dan menjamin konstruksi bagunan rumah yang kuat.

Tahan Lama

Sebelum membuat suatu bagunan rumah, syarat kedua yang harus dipenuhi adalah daya tahan lama. Jadi dalam perencanaan harus yang mempunyai umur panjang. Sebab bila rumah dijual tersebut awet atau berumur panjang, pasti pembeli akan merasa senang dan tidak salah pilih. Jangan sampai, rumah yang baru anda bayar tersebut sudah bocor dan cacat duluan, sedang pengembang juga tidak memberi layanan terbaiknya / kurang bertangung jawab kepada pembeli.

Cara mengetahui rumah yang awet plus tahan lama, yang harus diperhatikan adlah bahan bangunannya, apakah yang bermutu serta berkualitas baik. Tapi mengetahui bahan baguanan yang di gunakan juga belum cukup, sebab cara pengerjaan yang betul dan sesuai prosedur juga mempengaruhi kualitas bagunan rumah.

Tapi sayangnya untuk dua syarat ini jika ingin mengetahui lebih jelas Anda harus berkonsultasi dengan pihak ahli. Mungkin bisa kita ambil contoh, kurangnya takaran air dan semen, itu sangat berpengaruh pada kualitas dan daya tahan suatu bagunan rumah.

Keindahan

Ponit no 3 ini adalah keindahan.Selain sebagai nilai tambahan / harga rumah, keindahan bangunan rumah bisa membuat penghuninya merasa bangga dan puas karena telah memiliki rumah idaman yang berkualitas.

Kesehatan

Dan yang syarat terakhir yang harus terpenuhi adalah kesehatan. Sebab sudah pasti pemilik rumah akan menempati dalam kurun waktu yang lama. Jadi faktor kesehatan wajib diperhatikan sebelum beli rumah.

Untuk point terakhir ini, cara mengetahuinya cukup mudah, pertama hanya dengan memperhatikan kesehatan di lingkungan, yang diantaranya meliputi: kebersihan, cara pembuangan air kotor, sampah. Kemudian pertimbangkan juga mengenai iklim dan arah angin, juga termasuk sinar matahari untuk rumah anda dan di lingkungan sekitar.
Mengenal 4 Syarat Rumah Berkualitas Yang Ideal | Tri Sunenti | 5