Tips Dasar Membuat Desain Bentuk Rumah Terbaru Sendiri

Karena ada beberapa email dan PM di Fanspage yang masuk ingin bantuan membuat desain, bentuk maupun denah rumah model terbaru. Maka penulis hanya bisa membantu dengan memberi tips melalui artikel ini berdasarkan pengalaman dan apa yang penulis ketahui dan beberapa referensi. Memang mahalnya jasa arsitek membuat tidak semua orang mau dan mampu menggunakan jasa ini untuk mendesain sebuah rumah. Tapi banyak dari kita yang tetap memerlukan kontraktor dalam membangun rumah. Nah, hal pertama dan terpenting adalah menyiapkan gambar desain rumah yang ingin dibangun, entah itu yang membangun rumah adalah kontraktor maupun jasa tukang bangunan.

Program Membuat Desain Bentuk Rumah Sendiri

Jika rumah yang ingin dibangun itu sederhana atau tidak terlalu besar, tidak ada salahnya Anda membuat desain rumah sendiri tanpa bantuan jasa arsitek. Sebab seorang aristek pada dasarnya hanya diperlukan oleh kelas perusahaan, untuk apartemen, perumahaan mewah, bagungan hotel, dan sejenisnya. Jika hanya sekedar membuat rumah minimalis mewah sekalipun, Godean rasa tidak perlu menggunakan jasa arsistektur rumah. Anda sendiri sebenarnya mampu mengerjakanya sendiri dengan membuat denah rumah yang sederhana. Kemudian tinggal meluahkan konsep dan apa yang di inginkan (jumlah kamar tidur, bentuk ruang tamu, letak dapur dan kamar mandi,etc) ke dalam kertas lalu sampaikan pada kontraktor, pemborong, maupun jasa tukang rumahan Anda.

Sebelum membuat desain rumah sendiri, diskusikan dengan keluarga, tampung ide yang ada untuk menentukan bentuk rumah terbaru yang ideal untuk di bangun. Jika dirasa sudah cukup matang, selanjutnya Anda tinggal menentukan siapa yang ingin mengaplikasikan denah rumah tadi, tunjukan dan sampikan gambar desain rumah terbaru versi keluarga Anda kepada kontraktor tersebut. Mereka akan memberi masukan atau menyempurnakannya jika dirasa kurang tepat. Sebab saat ini sudah banyak juga kontraktor rumah tinggal mampu membuat desain rumah modern terbaru yang tak kalah dengan arsitektur.

Perlukah Menyewa Jasa Arsitek Rumah

Berikut adalah beberapa alasan kenapa Anda tidak perlu menggunakan jasa arsitek rumah.

Menghemat Rab Rumah

Siapa yang tidak ingin menghemat rencana anggaran bagun rumah? jawabanya mungkin tidak ada. Dengan membuat desain bentuk rumah terbaru sendiri versi Anda sudah pasti akan menghemat jutaan rupiah, yang seharusnya dibayarkan untuk menyewa jasa arsitek. Akan lebih bermanfaat jika anggaran tersebut digunakan untuk membeli perabot atau kebutuhan lain nantinya.

Lebih cepat dan tidak repot

Bayangkan jika Anda harus mencari jasa arsitek untuk membuat denah rumah, Anda harus mengumpulkan banyak informasi untuk dijadikan referensi. Belum lagi nanti setelah cocok, tapi harga sewa arsitek rumah tersebut mahal dan harus mencari lagi, dan akhirnya hanya membuang-buang waktu karena sudah pasti hal tersebut tidak bisa anda lakukan secara sekaligus, saat itu juga. Kenapa tidak membuat desain sendiri, dengan cara meluahkan apa yang anda inginkan pada secarik kertas.

Membuat bentuk rumah terbaru

Anda yang paling mengerti keinginan yang bagaimana bentuk rumah nantinya, tidak ada salahnya apa yang dipikirkan tersebut diterjemahkan sendiri secara manual dengan selembar kertas ataupun software untuk membuat model bentuk rumah terbaru yang di inginkan tanpa jasa arsitek. Jika menggunakan arsitek maka perlu menerangan banyak hal keinginan anda agar hasilnya sesuai. Sebab jika desain rancangan arstek nantinya tidak sesuai seerti yang diinginkan, maka akan ada banyak revisi yang membuang waktu, melelahkan, bahkan juga rab rumah yang telah disediakan.

Tips Langkan Awal Sebelum Memulai Membuat Desain Rumah Sendiri

Siapkan kamera digital maupun ponsel. Ajak keluarga untuk berjalan-jalan melihat desain rumah di perumahan yang menurut Anda memiliki desain yang bagus-bagus. Ambil gambar rumah yang minati dalam perjalanan tersebut. Kemudian tidak ada salahnya juga untuk mampir ke toko buku, mencari referensi dari majalah dan tabloid atau lainya berkaitan dengan desain rumah.

Cara Membuat Bentuk Rumah Model Terbaru Sendiri

Setelah semua referensi desain siap, sekarang saatnya mulai untuk membuat Bentuk Rumah Model Terbaru Sendiri. Di desa dan di kampung, saat ini sudah banyak bentuk rumah modern dengan desain terbaru, dan Anda akan setuju jika mereka juga tidak menyewa jasa arsitek. Sebab memang tidak dibutuhkan keahlian khusus dalam membuat denah rumah, dan siapapun bisa melakukannya. Kecuali untuk kelas perusahaan, karena untuk 1 ruangan saja akan tersedia dalam beberapa lembar kertas, bagi yang awam tidak akan bisa menerjemahkan dan membaca gambar tersebut.

Penataan denah rumah yang ingin dibuat tergantung pada ruang yang di butuhkan dan aktivitas didalamnya. Biasanya ini menghabiskan waktu lebih lama karena perlu melakukan banyak penyesuaian dan pertimbangan, tapi ini merupakan langkan paling awal untuk membuat desain rumah. Denah rumah adalah bagian paling vital sebab menyangkut kenyamanan, kepentingan seluruh penghuni rumah dan desain interior rumah nantinya. Tipsnya adalah melakukan diskusi dengan anggota keluarga untuk membuat rancangan ruang.

Tips Membuat Bentuk Rumah Model Terbaru Sendiri

Untuk lebih jelas dan mudah dipahami, berikut adalah gambaran contoh dalam menentukan bentuk model rumah.
  • Desain Rumah Minimalis Sederhana
  • Anggota Keluarga: 3 (ayah, ibu dengan 1 anak)
  • Luas lahan: 6m x 14m
  • RAB Rumah: 72 juta (2 juta /m2)
  • Rencana: 72 : 2 juta = 36 m2

Sudah pasti pertama adalah menentukan data penghuni, contoh diatas dengan 3 orang anggota keluarga.
Menentukan program, jumlah ruang dan ukurannya! seperti:
  • Kamar tidur (3 x 3 m)
  • Kamar mandi (1,5 x 1,5 m)
  • Dapur
  • Pantri
  • Teras depan
  • Ruang tamu
  • Ruang keluarga
  • Kamar tidur pembantu
  • Taman
  • Tempat cuci dan jemur
  • dsb
Dilangkah ini, ukuran ruang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan yang di inginkan. Buat sketsa luas lahan yang tersedia pada kertas dan luas rumah yang di inginkan. Kemudian dengan garis bantu masukan saja konsep ruang tersebut, seperti 3 x 5 meter untuk ukuran standar carport rumah, 3 meter untuk kamar tidur, 1,5 meter kamar mandi, kemudian 3 sisakan juga sekitar 1,5 meter untuk membuat halaman belakang. Yang terpenting masukkan saja ruangan yang perlu dimasukkan, untuk menemukan yang paling bagus. Karena dalam tahap ini kita tidak bisa lepas dari Trial-Error dan perlu melakukan penyesuaiaan, letak ruang dan ukuran. Jangan lupa tentang letak septic tank dan jalur pipanya.

Setelah semua dirasa cukup maka tentukan posisi pintu dan jendela pada sketsa dibuat tadi. Dan langkah terakhir adalah mengevaluasi sketsa model rumah terbaru tersebut, bagaimana dengan cahaya matahari dan sirkulasi udaranya, apakah cukup baik? sesuai prinsip rumah hemat energi. Atau mungkin unkuran kamar tidur utama kurang besar? adakah tambahan kolam renang, ruang kerja, musholla dan lainya? dan bagaimana dengan taman?. Selanjutnya bawalah denah rumah buatan sendiri tadi ke pada orang yang mungkin lebih mengerti atau langsung kepada kontraktor yang akan mengerjakanya untuk mendapat masukan dan saran yang mungkin lebih baik.

Membuat Bentuk Rumah Model Terbaru Sendiri mungkin akan sedikit butuh pemikiran ekstra, tapi semua itu akan terbayar lebih jika keluarga Anda sudah tinggal di dalamnya. Jangan menyerah untuk terus menemukan bentuk denah yang pas, dan semoga artikel ini bisa memberi semangat, inspirasi dan tentunya bermanfaat. Dan jangan lupa di share ya jika memang bermanfaat, salam....

Selamat berkunjung di Blog yang sederhana ini. Tapi semoga isinya tidak se-sederhana itu dan bermanfaat, karena Godean.web.id ada untuk Anda yang membutuhkan informasi dan ispirasi Rumah Idaman. Jika ada kritik dan saran jangan ragu untuk menghubungi kami melalui Halaman Kontak.

Back To Top