Cara Melindungi Pipa Besi Yang Ditanam Dalam Tanah Dari Korosi

Cara Melindungi Pipa Besi Yang Ditanam Dalam Tanah Dari Korosi
Pipa Besi
Korosi atau perkaratan begitu umum berlangsung pada Pipa Besi. Pipa Besi adalah logam yang gampang berkarat. Karat Pipa Besi adalah zat yang dibuat pada momen korosi, yakni berbentuk zat padat berwarna coklat kemerahan yang berbentuk rapuh dan berpori. Apabila dilewatkan lama kelamaan Pipa Besi bakal habis jadi karat.

Efek dari momen korosi berbentuk begitu merugikan. Contoh riil yaitu keroposnya jembatan, bodi mobil, maupun beragam konstruksi dari Pipa Besi yang lain. Siapa diantara kita tak kecewa apabila bodi mobil kesayangannya tahu-tahu telah keropos karna korosi. Tentu tak ada, begitu utama apabila kita sedikit tahu mengenai apa korosi itu, hingga dapat di ambil beberapa langkah antisipasi.

Korosi yang terjadi pada besi sendiri adalah sistem elektrokimia. Yang berarti sistem pergantian/reaksi kimia yang melibatkan ada aliran listrik. Sisi spesifik dari Pipa Besi berlaku sebagai kutub negatif, sesaat sisi yang lain sebagai kutub positif. Elektron mengalir dari anoda ke katoda, hingga terjadi momen korosi.

Ion Pipa Besi yang terbentuk pada anoda setelah itu teroksidasi jadi ion Pipa Besi yang lalu membuat senyawa oksida terhidrasi/karat Pipa Besi).

Dari reaksi tampak kalau korosi melibatkan ada gas oksigen serta air. Karenanya, Pipa Besi yang disimpan dalam angin yang kering semakin lebih awet apabila dibanding di tempat yang lembab. Dan korosi Pipa Besi di dalam tanah nyatanya dipercepat oleh sebagian aspek, seperti tingkat keasaman, kontak dengan elektrolit, kontak dengan pengotor, kontak dengan logam lain yang kurang aktif, seperti : logam nikel, timah, tembaga dan kondisi logam Pipa Besi tersebut.

Cara Mencegah korosi pada Pipa Besi


Mencegah korosi didasarkan pada dua prinsip tersebut :

Menghindar kontak dengan oksigen serta/atau air

Korosi Pipa Besi membutuhkan oksigen serta air. Apabila satu diantara tak ada, jadi momen korosi tidak bisa berlangsung. Korosi bisa dihindari dengan melapisi Pipa Besi dengan cat, oli, logam lain yang tahan korosi. Pemakaian logam lain yang kurang aktif sebagai pelapis pada kaleng mempunyai tujuan supaya kaleng cepat hancur di tanah. Timah atau tembaga berbentuk mampercepat sistem korosi.
 
Perlindungan katoda/pengorbanan anoda

Pipa Besi yang dilapis atau dihubugkan dengan logam lain yang lebih aktif bakal membuat sel elektrokimia dengan Pipa Besi sebagai katoda. Disini, Pipa Besi berperan cuma untuk tempat terjadinya reduksi oksigen. Logam lain bertindak sebagai anoda, serta alami reaksi oksidasi. Dalam soal ini Pipa Besi, sebagai katoda, terproteksi oleh logam lain. Pipa Besi bakal aman terproteksi sepanjang logam pelindungnya masih tetap ada/belum habis. Untuk perlindungan katoda pada system jaringan pipa bawah tanah umum dipakai logam magnesium, Mg. Logam ini dengan cara berkala mesti dikontrol serta ditukar.

Bikin alloy atau gabungan logam yang berbentuk tahan karat, umpamanya Pipa Besi digabung dengan logam Ni serta Cr jadi baja stainless.

Sekian sedikit info yang mungkin saja bermanfaat untuk kita. Mohon anjuran maupun komentarnya.

Pengertian korosi Pada Besi


1. Pengertian Korosi


Korosi yaitu reaksi redoks pada satu logam dengan beragam zat di lingkungannya yang membuahkan senyawa-senyawa yang tidak diinginkan. Dalam bhs keseharian, korosi dimaksud perkaratan. Contoh korosi yang paling umum yaitu perkaratan Pipa Besi. Pada momen korosi, logam alami oksidasi, sedang oksigen.

 2. Aspek-faktor yang Mengakibatkan Korosi Pipa Besi

Korosi Pipa Besi membutuhkan oksigen serta air.

3. Dampak Logam Lain pada Korosi Pipa Besi

Dari kehidupan keseharian kita kenali kalau Pipa Besi yang dilapis dengan zink, sedang Pipa Besi yang kontak dengan tembaga berkarat lebih cepat.

4. Beberapa cara Mencegah Korosi Pipa Besi

Pipa Besi yaitu logam yang paling banyak serta paling bermacam pemakaiannya. Hal semacam ini berlangsung karna banyak hal salah satunya :

Pipa Besi memiliki beberapa karakter yang untungkan serta gampang dimodifikasi. Satu diantara kekurangan Pipa Besi yaitu gampang alami korosi. Korosi menyebabkan banyak kerugian karna kurangi usia gunakan beragam barang atau bangunan yang memakai Pipa Besi atau baja. Sesungguhnya korosi bisa dihindari dengan merubah Pipa Besi jadi baja tahan karat, walau demikian sistem ini sangat mahal untuk umumnya pemakaian Pipa Besi.

Beberapa cara mencegah korosi Pipa Besi yakni :


  • 1. Pengecetan.
  • Jembatan, pagar serta railing umumnya dicat. Cat menghindari kontak dengan angin serta air. Cat yang memiliki kandungan timbel serta zink semakin lebih terbaik, karna keduanya membuat perlindungan Pipa Besi pada korosi.
  • 2. Pelumuran dengan Oli atau Gemuk.
  • Langkah tersebut diaplikasikan untuk beragam perkakas serta mesin. Oli serta gemuk menghindar kontak dengan air.
  • 3. Pembalutan dengan Plastik.
  • Beragam jenis barang, umpamanya rack piring serta keranjang sepeda dibalut dengan plastik. Plastik menghindar kontak dengan angin serta air.
  • 4. Tin Plating.
  • Kaleng-kaleng paket terbuat dari Pipa Besi yang dilapis dengan timah. Pelapisan dikerjakan dengan cara elektrolisis yang dimaksud tin plating. Timah termasuk logam yang tahan karat. Walau demikian susunan timah cuma membuat perlindungan Pipa Besi sepanjang susunan itu utuh. Jika susunan timah ada yang rusak, umpamanya tergores jadi timah malah mempercepat korosi Pipa Besi. Hal semacam itu berlangsung karna mungkin reduksi Pipa Besi lebih negatif dari pada timah. Oleh karenanya, Pipa Besi yang dilapis dengan timah bakal membuat satu sel elektrokimia dengan Pipa Besi sebagai anode. Dengan hal tersebut timah mendorong korosi Pipa Besi. Walau demikian hal semacam ini malah yang diinginkan hingga kaleng-kaleng bekas (second) cepat hancur.
  • 5. Galvanisasi.
  • Pipa Pipa Besi, tiang telpon serta beragam barang lain dilapis dengan zink. Tidak sama dengan timah, zink bisa membuat perlindungan Pipa Besi dari korosi meskipun lapisannya tak utuh. Hal semacam ini berlangsung karna satu mekanisme yang dimaksud perlindungan katode. Oleh karna mungkin reduksi Pipa Besi lebih positif dari pada zink, jadi Pipa Besi yang kontak dengan zink bakal membuat sel elektrokimia dengan Pipa Besi sebagai katode. Dengan hal tersebut Pipa Besi terproteksi serta zink yang alami oksidasi. Tubuh mobil-mobil baru biasanya sudah digalvanisasi, hingga tahan karat.
  • 6. Chromium Plating
  • Pipa Besi atau baja dapat juga dilapis dengan kromium untuk berikan susunan pelindung yang mengkilap, umpamanya untuk bumper mobil. Chromium plating juga dikerjakan dengan elektrolisis. Sama dengan zink, kromium bisa berikan perlindungan meskipun susunan kromium itu ada yang rusak.
  • 7. Sacrificial Protection
  • Magnesium yaitu logam yang tambah lebih aktif dari pada Pipa Besi. Bila logam magnesium itu bakal berkarat namun Pipa Besi tak. Langkah tersebut dipakai membuat perlindungan pipa baja yang ditanam dalam tanah atau tubuh kapal laut. Dengan cara periodik, batang magnesium mesti ditukar.

5. Korosi Aluminium
Aluminium, zink serta kromium, adalah logam yang lebih aktif dari pada Pipa Besi. Bila sekian, kenapa logam-logam ini lebih awet? Sesungguhnya aluminium berkarat dengan cepat membuat oksida aluminium. Walau demikian perkaratan selekasnya berhenti sesudah susunan tidak tebal oksida terbentuk. Susunan itu menempel kuat pada permukaan logam, hingga membuat perlindungan logam di bawahnya pada perkaratan berlanjut.

Susunan oksida pada permukaan aluminium bisa di buat lebih tidak tipis lewat elektrolisis, sistem yang dimaksud anodizing. Aluminium yang sudah alami anodizing dipakai untuk bikin panci serta beragam perkakas dapur, kerangka, kerangka bangunan, dan kusen pintu serta jendela. Susunan oksida aluminium lebih gampang dicat serta anggota warna yang lebih jelas.

Penyebabnya Korosi


Aspek yang punya pengaruh pada korosi bisa dibedakan jadi dua, yakni yang berasal berbahan tersebut serta dari lingkungan. Aspek berbahan mencakup kemurnian bahan susunan bahan, bentuk kristal, unsur-unsur kelumit yang ada pada bahan, tehnik pencampuran bahan dsb. Aspek dari lingkungan mencakup tingkat pencemaran angin, suhu kelembapan, kehadiran beberapa zat kimia yang berbentuk korosif dsb. Beberapa bahan korosif terdiri atas asam, basa dan garam, terbaik berbentuk senyawa an-organik ataupun organik.

Penguapan serta pelepasan beberapa bahan korosif ke angin bisa mempercepat sistem korosi. Angin dalam ruang yang sangat asam atau basa bisa memeprcepat sistem korosi perlengkapan elektronik yang ada pada ruang itu. Flour, hidrogen fluorida bersama persenyawaan-persenyawaannya di kenal sebagai bahan korosif. Dalam industri, bahan ini biasanya digunakan untuk sintesa beberapa bahan organik. Ammoniak adalah bahan kimia yang cukup banyak dipakai dalam aktivitas industri. Pada suhu serta desakan normal, bahan ini ada berbentuk gas serta begitu gampang lepas ke angin. Ammoniak dalam aktivitas industri biasanya dipakai untuk sintesa bahan organik, sebagai bahan anti beku didalam alat pendingin, sebagai bahan untuk pembuatan pupuk. Bejana-bejana penyimpan ammoniak mesti senantiasa di check untuk menghindar terjadinya kebocoran serta pelepasan bahan ini ke angin.

Embun pagi sekarang ini biasanya memiliki kandungan bermacam partikel aerosol, debu dan gas-gas asam seperti NOx serta SOx. Dalam batubara ada belerang atau sulfur yang jika dibakar beralih jadi oksida belerang. Permasalahan paling utama terkait dengan penambahan pemakaian batubara yaitu dilepaskannya gas-gas polutan seperti oksida nitrogen (NOx) serta oksida belerang. Meskipun beberapa besar pusat tenaga listrik batubara sudah memakai alat pembersih endapan untuk bersihkan partikel-partikel kecil dari asap batubara, tetapi NOx serta SOx yang disebut senyawa gas dengan bebasnya naik melalui cerobong serta lepas ke angin bebas. Didalam angin, ke-2 gas itu bisa beralih jadi asam nitrat serta asam sulfat. Oleh karenanya, angin jadi sangat asam serta berbentuk korosif dengan terlarutnya gas-gas asam tersebut di dalam angin. Angin yang asam ini pasti bisa berhubungan dengan apa sajakah, termasuk juga komponen-komponen renik didalam perlengkapan elektronik. Bila hal semacam itu berlangsung, jadi sistem korosi tidak bisa dijauhi lagi.
Cara Melindungi Pipa Besi Yang Ditanam Dalam Tanah Dari Korosi | Tri Sunenti | 5