Cara Menghitung Konstruksi Rangka Atap Baja Ringan + Biayanya

Rumus Luas Rangka Atap Baja Ringan – Banyak yang belum tahu bagaimana caranya mengkalkulasi atau memastikan kerangka besi atau semacamnya, hal semacam itu karena untuk tahu luas keseluruhan dari rangka atap baja itu membutuhkan tehnik spesial yg tidak dapat dikerjakan oleh kebanyakan orang ditambah lagi untuk yang masih tetap pemula masalah tehnik bangunan, manfaat paling utama dari mengkalkulasi luas yakni anda dapat tahu berapakah kepentingan dari baja yang anda perlukan untuk bikin sampai jadi, begitu anda tak akan kesusahan untuk tahu berapakah besaran rupiah yang nanti di keluarkan. Diluar itu dengan tahu rumus cara menghitung rangka atap baja ringan, jadi anda tak perlu bebrapa ribet mencari kontraktor atau tukang bangunan.

Cara Menghitung Konstruksi Rangka Atap Baja Ringan + Biayanya
Konstruksi Rangka Atap Baja Ringan
Cara menghitung rangka atap baja ringan yyang kita butuhkan susah-susah gampang, hal semacam itu terkait dengan rutinitas maupun tehnik yang perlu dipelajari. Untuk orang yang sudah tahu tata langkahnya jadi dapat disebutkan begitu gampang sekali tetapi untuk mereka yang masih tetap baru pertama kalinya coba atau sekian kali pastinya alami kesusahan bahkan juga dapat bikin frustrasi. Karenanya kami anjurkan Anda selalu coba belajar langkah mengkalkulasi luas rangka atap baja ringan itu sampai betul-betul mungkin saja dengan hal tersebut tehnik itu dapat anda pakai setiap saat.

Baca Juga: Variasi Unik Model Atap Terbaik Rumah Idaman

Sekarang ini telah banyak tempat tinggal atau bangunan yang menggunakan rangka atap baja ringan karna diklaim lebih kuat serta kokoh dibanding dengan memakai bahan lain, meskipun dengan cara harga rangka baja pastinya lebih mahal tetapi bisa di pastikan usia pemakaian rangka baja pada atap pastinya lebih panjang, tak mengherankan bila saat ini banyak tukang atau layanan yang tawarkan rangka baja untuk atap sedang masalah harga nya sendiri umumnya bergantung sesuai sama type atau ukuran. Untuk lebih gampang cara menghitung rangka atap baja ringan umumnya memakai rumus di bawah ini :

V = (Panjang Bangunan + Overstek Genteng) x (Lebar Bangunan + Overstek Genteng)

Derajat Kemiringan Atap Genteng (Cos Yang Dipakai)

Sebagai contoh kasusnya rumus diatas supaya lebih dipahami kami umpamakan ukuran bangunan tempat tinggal 10 x 10 mtr. ditambah overstek tiap-tiap ke 4 segi bangunan 1 mtr., dengan derajat kemiringan 35 derajat, jadi hasil dari perhitungan volume angka atap baja ringan yaitu seperti berikut ini.

Panjang Bangunan = 10+1+1 = 12 meter
Lebar Bangunan = 10+1+1 = 12 meter
Derajat Kemiringan = Cos 35 = 0. 819
Volume = 12 x 12 : 0, 819 = 175, 8 mtr. persegi
Jadi akhirnya telah dapat di ketahui untuk luas rangka atap baja ringan bangunan tempat tinggal anda yang diperlukan yaitu 175, 8 m2

Bahan bangunan untuk bikin atap tempat tinggal yang terkait yaitu genteng, asbes gelombang, genteng beton serta seng galvalum.

Tersebut tadi info tentang langkah mengkalkulasi luas rangka baja atap yang dapat anda tekuni dengan begitu gampang, tetapi untuk makin punya kebiasaan jadi anda mesti belajar berulang-kali agar akhirnya lebih akurat.

Baca juga: Kelebihan Kekurangan Rangka Baja Ringan Untuk Atap Rumah

Rumus Cara Menghitung Rangka Atap Baja Ringan

Kita ulas juga langkah mengkalkulasi cost atap baja ringan, karna dengan adanya banyak pekerjaan atap yang lebih pilih baja ringan jadi seringkali yang memiliki tempat tinggal kebingungan dalam memprediksi berapakah keseluruhan cost yang diperlukan hingga bisa mempersiapkan dana dalam jumlah yang pas, sesaat ajukan pertanyaan segera pada kontraktor baja ringan mungkin saja adalah satu pantangan karna mungkin saja ada ketakutan jika harga borongan malah dinaikan karna kita dikira tak tahu hingga gampang untuk dibohongi.

Cara menghitung kebutuhan anggaran biaya atap baja ringan


Pada umumnya urutan dalam mengkalkulasi cost pekerjaan atap dapat dihitung dengan urutan seperti berikut :

Bikin data atap yang ingin di bangun, dapat berbentuk gambar sketsa hingga dapat di ketahui bentuk serta ukuran bagian atap yang ingin dihitung.
Mengkalkulasi luas atap dalam unit m2 bangunan, rumusnya menggunakan perhitungan matematika simpel seperti luas persegi panjang, luas segitiga, luas trapesium serta bagian lain sesuai sama bentuk atap.
Mencari harga per m2 pekerjaan rangka atap baja ringan, serta harga per m2 pekerjaan finishing atap diatasnya seperti genteng, asbes gelombang serta semacamnya.
Mengalikan luas atap dengan harga per m2 baja ringan hingga ketemu cost keseluruhan yang diperlukan.
Menaikkankanya dengan angka kemanan atau cost lain-lain untuk menghadapi cost tidak terduga waktu proses.

Keterangan komplit tentang perhitungan atap dapat diliat pada artikel yang dengan cara spesial membahasnya di sini. Jadi berdasar pada uraian di atas jadi bisa kita buat satu rumus simpel dalam mengkalkulasi cost pekerjaan atap baja ringan.
Rumus mengkalkulasi cost atap baja ringan

Cost ABR = "(LRA x HBR) + (LA x HPA)"

Cost atap baja ringan = (luas rangka atap dengan unit m2 x harga baja ringan per m2) + (luas atap dalam unit m2 x harga penutup atap per m2).


Langkah mengkalkulasi luas rangka atap baja ringan


dasarnya yakni kita saksikan bagaimana bentuk semasing segi atapnya hingga dapat dihitung keseluruhan luasanya.

Luas atap persegi panjang = "panjang x lebar"
Luas atap deretan genjang = "panjang x lebar"
Luas atap segitiga = "(panjang alas x tinggi) /2"
Luas atap trapesium "(jumlah segi sejajar/2) x tinggi".
Cara Menghitung Konstruksi Rangka Atap Baja Ringan + Biayanya | Tri Sunenti | 5