Dasar-Dasar Dalam Merancang Interior Rumah

hiasan interior rumah sanggup menjadi pekerjaan yang gampang tetapi juga sulit, bahkan sanggup tampak angker utamanya bagi kita yang tidak tahu dasar-dasar desain. Tapi jangan takut, bahkan seorang desainer pemula sanggup melakukannya. Tips sederhana dan gampang di bawah ini sanggup memandu Anda mendesain hiasan penting dan mengubahnya menjadi rancangan yang tepat.

Prinsip pertama desain yang sangat sederhana: Tentukan hal apa yang Anda sukai dan apa yang menciptakan Anda nyaman. Ini adalah ruang hidup Anda, dan tidak ada gunanya memiliki rumah indah berhias glamor jikalau Anda dan keluarga Anda merasa mirip orang abnormal di dalamnya.
Berikut beberapa dasar yang sanggup menjadi teladan Anda dalam merancang desain interior rumah Anda:

Tentukan Fungsi Utama
Pertanyaan selanjutnya untuk yang perlu Anda jawab yaitu tentang penggunaan dan tujuan utama pembuatan ruang tersebut. Siapa yang akan memakai ruangan? Bagaimana ruangan tersebut digunakan? Menjawab pertanyaan dasar ini sanggup membantu Anda memutuskan jenis lantai yang tepat, misalnya akan ada banyak kemudian lintas melalui ruangan ini. Apakah akan ada banyak masakan dan minuman yang berinteraksi di ruangan ini secara teratur? Apa saja jenis program yang hendak berjalan di ruangan ini? Apakah belum cukup umur atau hewan peliharaan juga berada di ruangan ini setiap harinya? Dengan demikian Anda sanggup merancang rancangan yang tepat dengan kebutuhan primer ini.
warna mampu menjadi keputusan yang paling susah saat saatnya untuk menghias ruangan. Umumnya, dekorator profesional melakukan pekerjaan dengan prinsip "tiga warna", yaitu satu warna netral dan dua warna aksen (biasanya satu gelap dan warna lainnya lebih jelas). Beberapa orang mulai dengan warna dinding (baik dengan cat atau wallpaper) dan menambahnya dengan warna perhiasan (ingat bahwa dinding memberikan "latar belakang" untuk ruangan). Ada juga yang mulai dengan satu bagian dari furnitur (sesuatu yang besar, ibarat sofa atau lemari) dan membuatnya "sentra" dari denah dekorasi ruangan. Selain itu, warna yang lebih ringan mampu menciptakan ruangan tampak lebih besar dan lebih megah, sedangkan warna gelap condong membuat ruang terlihat lebih kecil dan terasa lebih intim.
 rumah sanggup menjadi pekerjaan yang gampang tapi juga sulit Dasar Dasar-Dasar Dalam Mendesain Interior Rumah

Pilih Furniture yang Cocok
Berbicara persoalan mebel , faktor wacana penggunaan cukup penting untuk menentukan keputusan wacana pembelian atau perbaikan. Masalah lain yang perlu dipertimbangkan ialah berapa banyak sinar matahari yang akan perihal furniture tersebut (sofa gelap berlapis ditempatkan di daerah yang sungguh cerah akan menjadikannya cepat memudar). Ketika sampai pada opsi warna, utamanya untuk benda yang besar, fikirkan beberapa faktor ini: Lebih gampang dan jauh lebih murah untuk mengubah ruangan dengan serpihan-potongan aksen (bantal, vas, lukisan) atau lapisan cat baru.

Penempatan yang Tepat
Mengatur dan memposisikan furnitur kadang kurun juga menjadi problem yang sulit. Sulit untuk membayangkan bagaimana dan di mana benda tersebut akan tampakbaik dan juga yang paling fungsional. Sekali lagi, fikirkan pola kemudian lintas melalui ruang, apakah Anda ingin menciptakan area tamu, ruang kerja, dan lain-lain). Membuat bagan ruangan dan semua benda yang ingin Anda letakkan di dalamnya sanggup menjadi penyelesaian. Cobalah pengaturan yang berlainan hingga Anda menemukan variasi yang sempurna.
 rumah sanggup menjadi pekerjaan yang gampang tapi juga sulit Dasar Dasar-Dasar Dalam Mendesain Interior Rumah

Jendela
Jendela juga perlu dipikirkan dengan matang. Jangan cuma berpikir tentang warna, namun juga fungsi utama jendela: Berapa banyak cahaya dan privasi yang Anda inginkan dalam suatu ruangan? Apakah ada pemandangan di luar jendela yang ingin Anda lihat atau ingin disembunyikan?
Jendela yang cantik sanggup meningkatkan gaya interior rumah Anda. Tambahkan tirai atau hiasan kain yang lain dengan warna yang saling melengkapi atau kontras dengan dinding.

Aksen yang Menarik Perhatian
Potongan aksen, karya seni, dekorasi dan perhiasan mungkin terlihat ibarat hiasan mewah, namun mampu melaksanakan banyak hal untuk membuat ruang eksklusif yang nyaman. Selain itu, bagian-pecahan kecil mampu digunakan untuk mengganti performa ruangan tanpa banyak pergeseran. Aksen juga sangat efektif dipakai untuk menyamarkan kelemahan ruangan, misalnya, sebuah ruangan kecil sanggup dibuat tampak lebih besar dengan cermin yang ditempatkan secara berhadapan, atau dengan lukisan yang memiliki kedalaman warna.
Bahkan dengan dekorasi ruang kecil menyerupai pintu masuk, bagian aksen sanggup memiliki kegunaan untuk memperlihatkan gaya dan kepribadian Anda setelah tamu berjalan lewat pintu.

Prinsip lain yang penting untuk setiap ruangan, utamanya yang kecil adalah dengan menghilangkan pernak-pernik berlebihan yang menciptakan ruang terlihat kecil dan ramai. Ruangan juga terlihat bersih kalau ada beberapa area kosong.

No comments for "Dasar-Dasar Dalam Merancang Interior Rumah"